MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BLENDED LEARNING

Nurul Riyawati Jannah

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan  : meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas VIIIa dengan menggunakan metode blended learning yaitu pembelajaran yang dilakukan dengan mengkolaborasikan pembelajaran daring dan luring. Subjek penelitian ini adalah 16 orang peserta didik kelas VIIIa SMP Negeri 4 Tamban, yang mengikuti pembelajaran secara daring. Tindakan penelitian dilakukan dalam 2 siklus mengajar, setiap siklus satu kali pertemuan dan ada beberapa tahapan kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif melalui tekhnik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis pada akhir pembelajaran di setiap siklus.

Hasil Penelitian  diperoleh pada siklus 1 hanya 50% dari jumlah siswa yang yang memperoleh hasil belajar mencapai nilai KKM. Sedangkan pada siklus 2, hasil belajar siswa yang mencapai KKM adalah 87%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.