UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 7.1 SMPN 4 SELAT KUALA KAPUAS MELALUI INDEX CARD MATCH

Istiqamah Istiqamah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi hukum tajwid nun mati/tanwin. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 7.1 SMPN 4 Selat Kuala Kapuas melalui Index Card Match.

Dalam penelitian  ini penulis merumuskan masalah sebagai berikut: ”Bagaimana peningkatan aktivitas belajar melalui penerapan media Index Card Match pada materi hukum tajwid nun mati/tanwin dan bagaimana hasil belajar siswa melalui penerapan media Index Card Match pada materi hukum tajwid nun mati/tanwin” dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan media index card match pada materi nun mati/tanwin.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 4 Selat Kuala Kapuas dengan jumlah siswa 12 orang pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Prosedur dilaksanakan melalui dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kinerja guru dan soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Index Card Match pada materi hukum tajwid nun mati/tanwin  kelas 7.1 SMPN 4 Selat Kuala Kapuas dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I (54,99%), pada siklus II (79,58%) terjadi peningkatan sebesar (24,59%). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (63,33%), pada siklus II (71,91%)dan terjadi peningkatan sebesar (9,58%).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.