PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAI MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA SD NEGERI 7 SUNGAI DANAU

Hamdan Aripani

Abstract


Peningkatan Prestasi Belajar PAI Materi Wudhu Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 7 Sungai Danau Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu. Diajukan untuk Memenuhi Tugas Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Agama Islam (PAI). Program Studi Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Kementerian Agama Republik Indonesia Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya 2021/1443. Kata Kunci: Prestasi Belajar dan Metode Demonstrasi.

Keberhasilan siswa dalam belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar. Pada kenyataannya, dalam belajar guru menggunakan metode klasik yaitu ceramah, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan prestasi belajar kurang memuaskan, oleh karena itu perlu dilakukan penggunaan metode yang lain untuk meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini untuk mengetahui apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa tentang materi wudhu pada siswa Kelas IV SD Negeri 7 Sungai Danau Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu.

Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode demonstrasi dengan cara memperagakan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi yang sedang dipelajari sehingga proses penerimaan siswa terhadap pelajaran akan lebih berkesan secara mendalam. Penelitian ini merupakan PTK dengan 2 siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di SD Negeri 7 Sungai Danau Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu, dengan bantuan 2 kolaborator (Rita Agustina, Ahmad Gazali). Subyek penelitian ini sebanyak 16 siswa. Hipotesis yang diajukan adalah jika metode demonstrasi dapat digunakan dengan baik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI pada siswa kelas IV SD Negeri 7 Sungai Danau Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu .Indikator keberhasilan 70% dengan KKM sebesar 70. Teknik pengumpulan data dengan observasi. teknik analisis data dengan rumus untuk mengetahui nilai rata-rata dan presentase.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.