PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PUASA RAMADHAN DI SDN KANDIHIN

Muhammad Furqan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Kandihin Kecamatan Loksado pada materi Puasa  Ramadhan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdiri atas satu kali pertemuan dengan Subyek penelitian siswa kelas V SDN Kandihin Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatantahun  dengan jumlah siswa 10 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rata-rata dan persentasi.

Hasil penelitian ini diperoleh (1) Kegiatan pembelajaran dengan metode Problem Based Learningdi kelas V SDN Kandihin tahun pelajaran    2021/ 2022 secara bertahap mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Hal ini dapat dilihat dari persentasi hasil observasi teman sejawat terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti yaitu siklus I adalah 73,91%  (kategori sedang) dan siklus II adalah 86,95% (kategori baik). (2) Aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran dengan metode Problem Based Learningdi kelas V SDN Kandihin tahun pelajaran 2021/ 2022 juga secara bertahap mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini dapat dilihat dari persentasi hasil observasi teman sejawat terhadap aktivitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti yaitu siklus I adalah 63,33% (kategori sedang) dan siklus II adalah 86,66% (kategori baik). (3) Hasil tes peserta didik  pada siklus I dengan rata-rata nilai 76,00 dan siklus II dengan rata-rata nilai  88,00, menunjukkan bahwa tindakan kelas dengan menggunakan metode Problem Based Learningberhasil dengan indikator adanya peningkatan nilai rata-rata hasil evaluasi dari siklus I dan II dari KKM yang telah ditetapkan yaitu 70 sehingga dapat disimpulkan  bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learningdapat dijadikan sebagai salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya pada  mata pelajaran PAI dan BP.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.