PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI MEMBATALKAN WUDHU MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SDN TIBUNG RAYA 3 KANDANGAN

Muhammad Mustafani

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: apakah hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan penerapan model discovery learning pada materi membatalkan wudu siswa kelas IV  di SD Negeri tibung raya 3kandangan

Permasalahan tersebut dibahas melalui hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui 2 siklus. Pada setiap pertemuannya 2x30 menit. Setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data diperoleh dengan cara tes praktik dan observasi. Semua data dianalisis menggunakan statistik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: hasil belajar materi membatalkan wudu siswa dapat ditingkatkan dengan penerapan model Discovery learning pada kelas IV SD Negeri Tibung raya 3  kabupaten  Hulu Sungai Selatan. Hal ini dapat dilihat dari persentasi ketuntasan klasikal pada siklus 1 86,66 %, dan pada siklus II ketuntasan klasikal mencapai 100%. Hal ini sudah mencapai indikator keberhasilan tindakan yang ditentukan yaitu 70 %.

Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran materi membatalkan wudu dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hal yang membatalkan puasa dari peningkatan nilai posttes di setiap siklus.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.