PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SMPN 4 SATUI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan pendekatan saintifik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMPN 4 Satui. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan alur penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 4 Satui. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan pendekatan saintifik pada materi Hidup jadi lebih damai dengan Ikhlas, Sabar dan Pemaaf dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar ditingkatkan dengan cara membentuk kelompok siswa secara heterogen, memotivasi siswa dengan memberikan nilai tambahan, mengatur tempat duduk siswa, dan memberi kesempatan secara luas kepada siswa untuk mengungkapkan ide atau gagasannya. Hal ini ditandai dengan peningkatan aktivitas siswa setiap siklus. Pada siklus I aktivitas belajar siswa masuk dalam kategori cukup aktif dengan rata-rata skor 21,8. Pada siklus II aktivitas belajar siswa sudah mencapai kategori aktif dengan rata-rata skor 33,8. Hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklus dengan melakukan tindakan memberikan LKPD berbasis saintifik, memberikan bimbingan lebih kepada siswa yang belum tuntas serta memberikan latihan soal. Hal ini ditandai dengan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I hingga II yaitu : 73,45; 81,76; dengan ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga siklus II yaitu : 57,58%; 87,88%.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.