UPAYA PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 3 SELAT

Rahma Fitri Awal

Abstract


Permasalahan yang seringkali ditemui oleh guru dalam proses pembelajaran adalah ketidak aktifan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dalam kelas. Pembelajaran berkesan monoton, karena peserta didik hanya menampung materi yang disampaikan oleh guru tanpa mau ikut berperan aktif dan berpikir kritis selama proses pembelajaran berlangsung. Pembelajaran dengan model Discovery Learning diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.3 SMPN Selat Kuala Kapuas yang berjumlah 23 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan menggunakan desain mode Kurt Lewin yang terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model Discovery Learning yang meliputi pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data dan pembuktian, dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IX.3. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya keterampilan berpikir kritis sebanyak 25% ini masuk dalam kategori tinggi. Dengan rincian Pada siklus I 57% dan pada siklus II 82,14 %. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.