IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI MANDI WAJIB

Sri Puji Suprapti

Abstract


Pembelajaran Thaharah sangat penting dipahami oleh siswa karena thaharah memegang peranan penting saat kita beribadah. Sehingga penelitian ini untuk mengevaluasi pemahaman siswa termasuk praktek ibadah sehari-hari. Model CTL merupakan konsep belajar yang membantu guru dalam mengkaitkan  antara  materi  yang dipelajarinya  kehidupan sehari-hari.  Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Model CTL dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Mandi wajib. Penelitian ini adalah penelitian deskrip kuantitatif yaitu menjelasakn persentase kenaikan hasil belajar. Subjek Penelitian adalah siswa SMP Muhammadiyah Palangka Raya pada semester 1 tahun pelajaran 2021/2022 pada kelas VII sebanyak 27 siswa. Langkah-langkah pembelajaran CTL yaitu: (1) belajar mengembangkan pemikiran akan belajar dengan menayangkan video, (2) melaksanakan kegiatan inquiri, siswa menggali informasi dari tayangan, (3) menumbuhkan rasa ingin tahu siswa dengan membuat pertanyaan (4) menciptakan masyarakat belajar, siswa mengungkapkan permasalah yang terjadi di lingkungannya terkait materi mandi wajib (5) menghadirkan “model” yaitu siswa mempraktekkan simulasi mandi wajib. Kesimpulan penelitian ini bahwa Implementasi model pembelajaran CTL di kelas VII SMP Muhammadiyah Palangka Raya pada Materi Mandi wajib dapat meningkatkan hasil belajara siswa menjadi 85,18% dan psikomotorik menjadi 88,88% baik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.