MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA SMP NEGERI 2 DAHA UTARA

Siti Munawarah

Abstract


Dalam Proses Pembelajaran tentu menginginkan Pembelajaran yang kreatif,inovatif dan Tujuan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Beriman Kepada Qadha dan Qadhar,di SMP Negeri 2 Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Subyek penelitian ini adalah Siswa di kelas IX SMP Negeri 2 Daha Utara Peneliti Mengambil Subyek Penelitian yang berjumlah 10 orang.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata nilai, presentase ketuntasan belajar dan data observasi. Dari hasil penelitian disimpulkan. Hal ini dapat dibuktikan dari rata-rata siswa yang sebelum diterapkan model pembelajaran problem based learning adalah 68, siswa yang mendapat nilai diatas 75 adalah 40%. Dari hasil siklus 1 rata-rata nilai memperoleh 72, siswa yang mendapat nilai diatas 75 adalah 60%. Setelah siklus II diperoleh rata-rata nila 84,siswa yang mendapat nilai diatas 75 adalah 90% menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Beriman Kepada Qadha dan Qadhar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.