PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI THAHARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 4 TAMBAN KABUPATEN BARITO KUALA

Khairiah Khairiah

Abstract


Berdasarkan pada pembelajaran PAI, rendahnya minat belajar siswa sehingga masih sedikit diantara mereka yang memperoleh prestasi belajar yang tinggi, pembelajaran yang kurang variasi dan monoton penggunaan metode yang kurang variatif. Dalam Permasalahan ini, guru perlu melakukan pembelajaran aktif pada materi thaharah yang berpusat pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 4 Tamban Kabupaten Barito Kuala yang berjumlah 16 siswa terdiri dari 7 siswa laki- laki dan 9 siswa perempuan yang dilkasanakan di semester ganjil tahun 2021- 2022. Dengan menggunakan model pembelajaran Cooperatif Learning tipe Jigsaw ini Diharapkan dapat memotivasi siswa untuk lebih giat belajar, pembelajaran lebih bervariatif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan 2 siklus dengan setiap siklus satu kali pertemuan dan  terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara melalui lembar observasi aktifitas belajar, pengisian angket, tes, dan dokumentasi yang di gunakan untuk menunjang penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperatif Learning tipe Jigsaw pada materi thaharah ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I sampai siklus II dengan hasil sebagai berikut: siklus I persentase prestasi belajar terdapat 6 peserta didik atau  37,5% siswa yang tuntas, sedangkan ada 10 peserta didik atau 62,5% siswa yang tidak tuntas. Siklus II persentase prestasi belajar terdapat 14 peserta didik atau 87,5% siswa yang tuntas, sedangkan ada 2 peserta didik atau 12,5% siswa yang tidak tuntas.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.