MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL

Khairullah Khairullah

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan bahwa peserta didik di kelas X MIPA 1 masih belum mampu membaca Al-qur’an sesuai dengan tajwid  khususnya yang berkenaan dengan hukum ikhfa. Hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan harian pokok bahasan membaca Al-qur’an  sesuai dengan tajwid dan makharijul huruf tersebut yang hanya mencapai rata-rata 65,5. dimana KKM untuk materi Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di SMA Negeri 3 Murung adalah 70, Sehingga dari peserta didik kelas X MIPA 1 yang berjumlah 21 peserta didik hanya didapatkan 8 peserta didik yang mencapai KKM.

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Melalui Media Audio Visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Melalui Media Audio Visual.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dalam pengumpulan data penulis menggunakan tes kemampuan, observasi, wawancara, dan dokumenter. Sedangkan analisis deskriptif kuantitatif penulis menggunakan rumus  x 100 % selanjutnya mengambil kesimpulan menggunakan metode induktif.

Hasil penelitian membuktikan ada peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media audio visual. Hal ini dapat dilihat pada akhir pada siklus II untuk skor observasi dan nilai tes dapat melebihi KKM. Dengan rata-rata nilai tes sebesar 77,9 dan skor observasi sebesar 89,42.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.