UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN PAI POKOK BAHASAN KHUTBAH TABLIGH DAN DAKWAH

Fathurrahman Fathurrahman

Abstract


Berdasarkan pengalaman mengajar selama proses belajar mengajar mata pelajaran PAI diketahui bahwa masih terdapat beberapa masalah yang kiranya perlu dipecahkan oleh guru sehinga tujuan pembelajaran PAI dapat tercapai secara maksimal. Masalah-masalah tersebut antara lain;(1) banyak murid kurang aktif dalam proses belajar mengajar dengan ciri-ciri; kurang bahkan tidak mengajukan pertanyaan dari materi yang diajarkan, tidak memberikan jawaban atas pertanyaan guru, kurangnya perhatian murid terhadap materi yang dijelaskan guru, hal lainnya yaitu; murid kurang antusias mengikuti pelajaran PAI; (2) dari hasil evaluasi terhadap mata pelajaran PAI kelas menunjukan hasil nilai rata-rata dibawah KKM. Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran PAI di sekolah adalah 75. Selain itu dari 30 siswa di ketahui sejumlah 20 siswa masih memperoleh nilai di bawah KKM  tersebut. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan tujuan untuk mengetahui;(1) bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode role playing di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Angsana; (2) apakah penggunaan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Angsana. Hasil enelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan siswa dari 35% pada siklus I menjadi 60% pada siklus II, dan peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari rata-rata pada postest siklus I adalah 54.6 meningkat menjadi 83.33 pada siklus II.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.