PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATERI BERWUDHU DI SD NEGERI JAMBU HILIR BALUTI 3

Istiqomah Istiqomah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model picture and picture terhadap materi berwudhu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Penelitian yang digunakan adalah penelitian yang menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) atau classroom action research dengan jenis penelitian partisipan dan pendekatan cooperative learning type picture and picture. Penelitian ini lebih bersifat memecahkan suatu masalah yang hasilnya dideskripsikan secara menyeluruh. Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Jambu Hilir Baluti 3 Kecamatan Kandangan dengan jumlah siswa 15 orang yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa materi berwudhu pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti denganĀ  penerapan model picture and picture mengalami peningkatan, terlihat dari pesentase ketuntasan belajar secara klasikal sebelum dilakukan penerapan adalah 53,33 % dengan nilai rata-rata 68 setelah menggunakan penerapan model picture and picture maka ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I meningkat menjadi 66,66 % dengan nilai rata-rata 73 dan pada siklus II mencapai 93,33 % dengan nilai rata-rata 91,33. Maka dengan demikian penerapan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV materi berwudhu di SD Negeri Jambu Hilir Baluti 3 Kecamatan Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.