UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATERI KITAB-KITAB ALLAH MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA

Dewi Murniati

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini bertolak dari upaya meningkatkan motivasi belajar pada materi Meyakini Kitab-Kitab Allah Mencintai Al-Qur’an melalui metode tutor sebaya. Upaya penggunaan metode tutor sebaya merupakan salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Dalam penulisan Penelitian Tindakan Kelas ini penulis memilih tempat meneliti pada peserta didik kelas VIII Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022 di SMP Negeri 4 Teweh Baru. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis terhadap sampel sebanyak 12 orang peserta didik yang penulis tarik dari populasi sebanyak 17 orang. Tidak dapat hadirnya seluruh populasi dikarenakan proses belajar mengajar selama pandemi. Sehingga terkendala dalam menghadirkan seluruh populasi. Sehingga sampel yang ditarik berdasarkan peserta didik yang hadir. Penulis mengumpulkan data dengan cara observasi. Setelah data terkumpul kemudian diolah sehingga dapat disajikan, dianalisis dan diinterpretasikan.

Upaya peningkatan motivasi belajar pada Materi Meyakini Kitab-Kitab Allah Mencintai Al-Qur’an melalui metode tutor sebaya pada saat belajar PAI dan BP pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 Teweh Baru Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022 ini menurut penelitian penulis, Alhamdulillah berhasil. Hal ini sudah terlihat pada penelitian Siklus I dengan perolehan Ketuntasan Belajar Klasikal (KBK) di atas 70 % yaitu 83 %. Dan mengalami peningkatan pada Siklus II sebesar 17 % menjadi 100 %.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.