PENERAPAN METODE TRIAL AND ERROR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MEMBACA SURAH-SURAH PENDEK DI SDN PERIGI

Rumini Rumini

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa membaca surah-surah pendek dengan lancar dan tepat, pada mata pelajaran Pendidikan  Agama  Islam.  Adapun  rumusan  masalah  ini  adalah  :  Apakah penerapan  metode  Trial And Error  dapat  meningkatkan  kompetensi  membaca surah-surah pendek dengan baik dan benar pada mata pelajaran Agama Islam siswa Kelas IV . Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Perigi yang berjumlah 8 orang siswa. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah penerapan metode Trial and Error untuk meningkatkan kompetensi siswa membaca surah-surah pendek  pada mata materi membaca Q.S al-Falaq siswa Kelas IV.

Metode Trial And Error adalah metode yang mengulang-ulang membaca tanpa menggunakan  teks  atau  buku.  Metode ini  penulis  gunakan  dalam  mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus,   tiap   siklus   dilakukan   dengan   satu   kali  pertemuan.   Dari   hasil   tes kompetensi siswa membaca surah-surah pendek pilihan pada kemampuan awal sebelum dilakukan tindakan hanya mencapai rata-rata 50, pada siklus I meningkat  dengan  rata-rata  60  pada  siklus  II  terjadi  peningkatan  adalah 85, dan seluruh peserta didik mampu tuntas dalam kegiatan tindakan siklus II yakni mampu berhasil mencapai indikator atau sekitar 100 %. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode latihan (Trial And Error) dapat meningkatkan kemampuan membaca surah-surah pendek dengan baik dan benar pada mata pelajaran agama Islam dikatakan berhasil.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.