UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DI SMPN 7 KUSAN HILIR

Nurul Aida

Abstract


Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa SMP Negeri 7 Kusan Hilir pada mata pelajaran PAI. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah kurangnya varian media pembelajaran yang digunakan saat pembelajaran. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah penggunaan media pembelajaran Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI materi Jujur, Amanah, dan Istiqomah kelas VII A Semester 1 di SMP Negeri 7 Kusan Hilir tahun pelajaran 2021/2022?

Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 7 Kusan Hilir dengan jumlah siswa sebanyak 34 anak. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI materi Jujur, Amanah dan Istiqomah pada siswa kelas VII A di SMP Negeri 7 Kusan Hilir tahun pelajaran 2021/2022. Dibuktikan dengan hasil evaluasi siswa pada siklus I yang mencapai KKM sebanyak 18 siswa dari 34 anak atau 52,94% dengan nilai rata-rata kelas 73,11. Adapun pada siklus II yang mencapai KKM sebanyak 29 siswa dari 34 anak atau 85,29% dengan nilai rata-rata kelas pada siklus II ini adalah 83.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.