PENERAPAN “MAKE A MATCH” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN BATANG KULUR TENGAH MENYEBUTKAN TUGAS-TUGAS MALAIKAT

Rahmadi Rahmadi

Abstract


Penelitian ini untuk menjawab rumusan masalah “Apakah penerapan strategi "make a match" dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Kompetensi Dasar menyebutkan tugas Malaikat siswa kelas IV SDN Batang Kulur Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Batang Kulur Tengah kecamatan Sungai Raya Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) metode observasi partisipan karena guru sebagai peneliti sekaligus mengamati dan diamati secara langsung oleh kolaborator yang juga mengamati keaktifan guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. (2) metode dokumentasi, digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan untuk memperoleh data-data tentang SDN Batang Kulur Tengah kecamatan Sungai Raya Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang meliputi sejarah, letak geografis, dan juga tentang visi misinya, (3) metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah mengerjakan soal-soal yang diberikan diakhir pembelajaran pada tiap-tiap siklusnya. Data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh untuk mencari nilai rata-rata kelas dan prosentasenya. Sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan tehnik analisis data yang terdiri dari penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Penelitian dilaksanakan dalam 2 tahap. Tahap pertama adalah Siklus I dengan metode make a match dengan hasil nilai rata-rata dari Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) 70 dengan ketuntasan siswa 40 % hasil nilai rata-rata kelasnya 68 yang dicapai oleh 4 siswa yang tuntas dari 10 siswa Tahap kedua siklus II hasil nilai rata-rata kelasnya 77 yang dicapai oleh 10 siswa yang tuntas secara keseluruhan ketuntasan mencapai 100 %. Berdasarkan data tersebut dengan penerapan "make a match", siklus I dan II dapat diketahui ada peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya strategi pembelajaran "make a match".


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.