PENERAPAN “MAKE A MATCH” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SDN BATANG KULUR TENGAH MENYEBUTKAN TUGAS-TUGAS MALAIKAT

Rahmadi Rahmadi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas IV SDN Batang Kulur Tengah yang rata-rata masih di bawah KKM sekolah yaitu 70. Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan hasil belajar siswa pada tahun pelajaran 2020/2021 belum mencapai nilai KKM yang ditentukan yaitu 70. Nilai rata-rata siswa 55,00 dan persentase ketuntasan 20%. Salah satu faktor penyebab adalah penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat siswa menjadi bosan, pasif dalam pembelajaran sehingga kemampuan siswa menjadi rendah. Solusi untuk mengatasi permasalahan pembelajaran tersebut, peneliti mencoba strategi dalam pembelajaran yaitu dengan menerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif “Make a Match”.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Tugas-Tugas Malaikat. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang direncanakan berlangsung dalam dua siklus dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Batang Kulur Tengah Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Hasil penelitian pada siklus I yang memperoleh nilai tuntas dari KKM sebanyak 4 orang (40%) dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa 68,00. Pada Siklus II siswa yang memperoleh nilai tuntas dari KKM sebanyak 10 orang (100%) dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi rata-rata 77,00. Dengan demikian penerapan strategi pembelajaran kooperatif “Make a Match” dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.