UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP MATERI MEMBAYAR ZAKAT DENGAN METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE

Nur Rokhim

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas VI SD Negeri 5 Melayu Tahun Pelajaran 2021/2022, dikarenakan adanya permasalahan yaitu hasil belajar mata pelajaran PAI-BP pada rapot kelas V semester genap hanya terlihat cukup dan mendekati nilai KKM yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran example non example pada materi Membayar Zakat dan meningkatkan hasil belajar siswa. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada tahap observasi, observer dan peneliti melakukan pengumpulan data dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Example Non Example pada pelajaran PAI-BP. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa indikator aktivitas siswa pada siklus I 3,06 menjadi 3,22 pada siklus II meningkat 14,25%. Setelah menerapkan metode Pembelajaran Example Non Example kondisi awal 90,625% pada siklus I dan menjadi 100% sangat baik pada siklus II. Nilai rata-rata mengalami peningkatan dari 78,22 pada kondisi awal menjadi 66,25 pada siklus I dan pada siklus II 80,09.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.