PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG RUKUN SHALAT MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE KELAS II SDN SAMUDA 1

Ana Kameloh Dian, Muhammad Fahriannor, Husni Husni

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk Mengetahui peningkatan pemahaman siswa dengan menerapkan model picture and picture dan untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan menggunakan model picture and picture. Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah Peserta didik kelas II SD Negeri Samuda 1 Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan jumlah peserta didik 12 terdiri dari laki-laki 4 dan perempuan 8.Data yang didapat dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yaitu skorĀ  hasil belajar maupun praktik shalat peserta didik pada kegiatan pembelajaran siklus I dan siklus II. Data tersebut diolah dengan menggunakan teknik analisis ketuntasan dan teknik analisis komparatif. Setelah data didapat, langkah selanjutnya adalah mengolah data tersebut dan menganalisis data hasil belajar maupun praktik shalat peserta didk dan hasil observasi guru dan Peserta didik. hasil belajar siswa dari siklus I 41, 7% menjadi 83,4 pada siklus II, dan juga hasil praktik gerakan-gerakan shalat siswa menjadi lebih baik dari 58,3% pada siklus I menjadi 91,7% pada siklus II. Dengan demikian dapatlah di simpulkan bahwa PTK yang di lakukan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang rukun shalat menggunakan model picture and picture di kelas II SDN Samuda 1.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.