PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI MATERI SURAH AL-FALAQ DENGAN MENERAPKAN MODEL PENGAJARAN TUNTAS KELAS IV SDN 1 SEI RUKAM 1

Burhanuddin Burhanuddin

Abstract


Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam setelah diterapkannya model pembelajaran tuntas. (b) Ingin mengetahui pengaruh model pembelajaran tuntas dalam meningkatkan prestasi belajar terhadap materi pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN 1 Sei Rukam 1 Kabupatean Tabalong tahun pelajaran 2021/2022. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan ke 1 sampai siklus II pertemuan ke 2 yaitu, siklus I pertemuan ke 1 (28,00%), siklus I pertemuan ke 2 (44,00%), siklus II pertemuan ke 1 (64,00%), siklus II pertemuan ke 2 (92,00%).

Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran tuntas dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Sei Rukam 1  Kabupaten Tabalong tahun pelajaran 2021/2022, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Pendidikan Agama Islam.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.