MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 3 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SDN SUNGAI PINANG 1

Fathurrahman Fathurrahman

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi Kurang berhasilnya siswa dalam pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) dapat terlihat dari hasil ulangan harian (UH) tahun pelajaran 2020/2021 di SDN Sungai Pinang 1 mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) hanya berkisar 58,2. Rata-rata nilai UH PAI (Pendidikan Agama Islam) masih sangat jauh berada di bawah nilai yang ditetapkan kurikulum sebagai indikator ketuntasan yaitu ≥ 70.

Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui hasil belajar siswa Kelas V SDN Sungai Pinang 1 pada tema 3 Cita-citaku Menjadi Anak Shaleh  dengan menggunakan model pembelajaran  Problem Base Learning

 Hasil penelitian hasil belajar siswa selalu mengalami peningkatan semakin membaiknya hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata klasikal yang didapat 72,5 sedangkan siswa yang tuntas belajar secara individu hanya 5 orang dan ketuntasan klasikal hanya 62,5%.  dan pada siklus II, nilai rata-rata klasikal yang didapat 85 sementara siswa yang tuntas belajar secara individu 7 orang dan ketuntasan klasikal 87,5%, berarti penelitian telah tercapai yaitu, hasil belajar siswa yang mencapai nilai ≥ 70  mencapai minimal 80%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.