PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI ZAKAT SDN TAMBANGAN 4

Fatahillah Abyadi

Abstract


Menggunakan suatu model pembelajaran yang efektif, inovatif, dan berpotensi memperbaiki pembelajaran, sehingga meningkatkan minat, motivasi, dan sikap siswa terhadap pembelajaran pendidikan agama islam. Model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick yang dianggap tepat untuk motivasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi zakat.

Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VI SDN Tambangan 4 Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi zakat.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas VI SD Negeri Tambangan 4 yang berjumlah 9 siswa. Siswa laki-laki yang berjumlah 2 orang dan perempuan 7 orang. Desain penelitian ini ialah menggunakan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Talking Stick yang dilaksanakan dalam dua siklus dan data dikumpulkan dengan teknik Observasi, Angket dan Wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam materi zakat siswa kelas VI SD Negeri Tambangan 4, dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Talking Stick. Hasil ini dibuktikan dengan hal-hal sebagai berikut: motivasi belajar Pendidikan Agam Islam materi zakat terjadi peningkatan mengenai jumlah siswa yang berhasil memenuhi ketuntasan. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata skor motivasi belajar, 55% setelah diberikan tindakan pada siklus I, 81% pada siklus II.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.