PENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MATERI MAKNA SURAH AN-NAS PADA SDN SUNGAI HAJI

Iswan Iswan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas II SDN Sungai Haji tahun ajaran 2021/2022 melalui model pembelajaran Problem Based Learning.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Analisis data pada penelitian ini berpedoman pada analisis Statistik Deskriptif dengan Persentase. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, dan observasi. Motivasi peserta didik dilihat dengan menggunakan observasi dan angket.

Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II, danĀ  pada obsevasi motivasi belajar siswa terdapat 3 orang siswa pada kategori tinggi. Pada siklus I sebesar 56,16 % dari 13 siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus II terjadi peningkatan peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan minimal sebesar 74,88% dari 13 siswa.

Dan pada angket mengukur motivasi menjadi peningkatan menjadi 92%. Jadi dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Problem Based Learning dapat Meningkatkan Motivasi belajar Siswa Kelas II SDN Sungai Haji tahun ajaran 2021/2022.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.