PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 SIMPANG EMPAT KABUPATEN TANAH BUMBU
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan metode kooperatif tife STAD meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 2 Simpang Empat tahun pelajaran 2020/2021. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Metode Kooperatif tife STAD dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa Kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 2 Simpang Empat pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tahun Pelajaran 2020/2021 . Hal tersebut berdasarkan hasil belajar siswa kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Pengendalian Diri (Kontrol Diri/Mujahadah an-Nafs) yang memiliki peningkatan dalam setiap siklusnya.
Pada tahap pra siklus dari 38 siswa kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran yang memiliki hasil belajar mencapai nilai KKM 75 sebanyak 20 siswa atau 52% sedangkan sisanya sebanyak 18 atau 48% orang siswa tidak mencapai KKM 75 atau tidak lulus. Selanjutnya pada siklus I hasil belajar siswa menunjukan peningkatan yaitu, dari 38 siswa kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran sebanyak 34 siswa atau 89,47% lulus atau mencapai KKM 81,26, sedangkan sebanyak 4 siswa atau 10,53% belum mencapai KKM atau tidak lulus. Pada siklus II sebagai siklus terakhir menunjukan peningkatan yang lebih baik dengan hasil dari 38 siswa kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran terdapat 38 atau 100% orang siswa lulus atau mencapai KKM 75 sedangkan 0 atau 0% orang siswa yang belum lulus atau tidak mencapai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Kooperatif tife STAD dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa Kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 2 Simpang Empat Tahun Pelajaran 2020/2021 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.