PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP
Abstract
Betapa pentingnya dalam proses pendidikan dan pengajaran, dan sebuah proses belajar mengajar bisa dikatakan tidak berhasil bila dalam proses tersebut tidak menggunakan model dan metode. Karana model dan metode menempati posisi terpenting setelah tujuan dari sederetan komponen pembelajaran yaitu meliputi : tujuan, metode, materi dan evaluasi.
Seseorang guru juga dituntut untuk bisa menguasai sebuah solusi atau jalan keluar untuk menciptakan kondisi yang efektif dan kondusif. Beberapa usaha dalam rangka menciptakan kondisi yang efektif dan kondusif, salah satunya adalah kecekatan seorang guru dalam memilih sebuah model, metode dan pendekatan emosional terhadap siswa. Untuk itu seorang guru bukan hanya dituntut untuk bisa menguasai beberapa model, metode dan pendekatan emosional yang akan di tetapkan, tetapi guru harus bisa menguasai teknik pengelolaan kelas, terampil mengajar, pemanfaatan sumber belajar, menguasai emosional siswa, penguasaan kelas.
Untuk dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran PAI peneliti mencoba dengan menggunakan model jigsaw dan metode ceramah, tanya jawab dan diskusi yang kreatif dan menarik. Dengan percobaan Penerapan model jigsaw dengan metode ceramah, Tanya jawab dan diskusi tersebut peneliti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi thaharah.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.