PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI THAHARAH DI KELAS VII SEMESTER I SMPN 1 MENTHOBI RAYA TAHUN AJARAN 2020/2021

Zaenal Mustofa

Abstract


Betapa pentingnya dalam proses pendidikan dan pengajaran, dan sebuah proses belajar mengajar bisa dikatakan tidak berhasil bila dalam proses tersebut tidak menggunakan metode. Karana metode menempati posisi kedua terpenting setelah tujuan dari sederetan komponen pembelajaran yaitu meliputi : tujuan, metode, materi dan evaluasi.

Seseorang guru juga dituntut untuk bisa menguasai hal-hal yang berkaitan dengan sebuah solusi atau jalan keluar untuk menciptakan kondisi yang efektif dan kondusif pada waktu proses mengajar berlangsung, baik yang berkaitan dengan metode, pendekatan emosional terhadap siswa, pengembangan bahan pembelajaran dan sebagainya.

Beberapa usaha dalam rangka menciptakan kondisi yang efektif dan kondusif, salah satunya adalah kecekatan dari seorang guru dalam memilih sebuah metode dan pendekatan emosional terhadap siswa. Untuk itu seorang guru bukan hanya dituntut untuk bisa menguasai beberapa metode dan pendekatan emosional yang akan di tetapkan, tetapi guru harus bisa menguasai teknik pengelolaan kelas, terampil mengajar, pemanfaatan sumber belajar, menguasai emosional siswa, penguasaan kelas.

Untuk dapat meningkatkan pemahaman siswa terdapat materi-materi dalam pelajaran PAI perlu diupayakan suatu model jigsaw metode ceramah, tanya jawab dan diskusiĀ  yang kreatif dan menarik bagi siswa dan siswi. Penerapan model jigsaw dengan metode ceramah, Tanya jawab dan diskusi dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi thaharah tentang wudhu.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.