PENERAPAN METODE BBM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TAJWID SISWA KELAS VIII SMPN-4 MENTHOBI RAYA

Asni Hidayah

Abstract


Metode memiliki kedudukan yang sangat signifikan dalam mencapai tujuan pendidikan Islam, karenanya, penerapan metode yang tepat sangat mempengaruhi keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Sebaliknya, kesalahan dalam menerapkan metode akan berakibat fatal.

            Dalam materi tajwid, hasil belajar siswa SMPN-4 Menthobi Raya tergolong rendah. Hal ini bisa dilihat dari hasil penilaian yang dilaksanakan oleh guru pada saat kelas VIII yang menyatakan bahwa siswa yang mendapat nilai di bawah kriteria Ketuntasan Minimal  lebih dari 50%.

            Untuk mengatasi masalah ini dicoba mencari solusi untuk meningkatkan hasil belajar materi tajwid dengan menggunakan teknik “BBM” yaitu teknik pembelajaran yang menggunakan tiga tahapan proses yaitu Bermain, Berdiskusi, dan Melantunkan. Proses pelaksanaan penelitian dilakukan selama dua siklus. Siklus 1 dan 2, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan.

            Teknik “BBM” terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa penguasaan konsep          40%, dan 100% siswa menyatakan bahwa teknik “BBM” menyenangkan dan mampu  membuat suasana kelas menjadi hidup dan menyenangkan sehingga siswa menjadi termotivasi. Teknik “BBM” juga membawa manfaat positif terhadap kemampuan siswa mengungkapkan hasil pembelajaran melalui kata-kata dan berpikir kritis.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.