PENGGUNAAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MENYAKINI ALLAH MAHA ESA SISWA KELAS III

Iin Mutmainnah Aceh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi menyakini Allah Maha Esa siswa kelas III SDN Nanga Bulik 7 Kabupaten Lamandau melalui penggunaan media powerpoint.

Jenis penelitian adalah penelitian tindakam kelas ( Classroom Action Research ). Subjek penelitian ini siswa kelas III SDN Nanga Bulik 7 tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 19 siswa, yang terdiri 9 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah Tes, Observasi, dan dokumentasi dan kamera. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif, indicator penelitian ini adalah 75 % dari seluruh siswa yang mengikuti pembelajaran telah mencapai taraf kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan yaitu > 70.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar materi menyakini Allah maha Esa siswa kelas III di SDN Nanga Bulik 7. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa sebelum dilakukan tindakan. Nilai rata-rata kelas sebelum dilakukan tindakan yaitu 67, pada siklus I meningkat menjadi 72, dan pada siklus II menjadi 80. Jumlah siswa yang tuntas belajar pada pra tindakan sebanyak 8 siswa atau sebesar 42%, pada siklus I meningkat menjadi 10 siswa atau sebesar 53 %, dan pada siklus II menjadi 16 siswa atau sebesar 84%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.