PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK PADA SISWA SDN PENYIPUTAN

M. Dzulkifli

Abstract


Permasalahan yang dihadapi siswa di  SDN  Penyiputan  adalah dalam  mencapai  Tujuan  Pembelajaran  Khusus  pada  mata  pelajaran  PAI  masih  banyak  mengalami  kesulitan.  Hal  ini  terlihat  dari  masih  rendahnya  nilai  mata  pelajaran  PAI  dibandingkan  dengan  nilai  beberapa  mata  pelajaran  lainnya,dimana nilai PAI tidak mencapai pada KKM, rumusan masalah pada penelitian ini adalah:  “Bagaimanakah  peningkatan  Prestasi  Belajar PAI  dengan  diterapkannya  metode  Talking Stick (TS) di kelas VI SDN Penyiputan?”

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan jenis penelitian diskriftif, sumber data dari penelitian ini adalah subjek dan objek penelitian, dimana subjek penelitian ini adalah guru bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan objek penelitian ini adalah siswa – siswi kelas dikelas VI SDN Penyiputan, metode pengumpulan data dari penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Data yang dianalisis berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa hasil observasi guru maupun siswa yang dianalisis secara naratif, sedangkan data kuantitatif dianalisis secara deskripsi dengan teknik persentasi dan ketuntasan belajar

Strategi pembelajaran Coveratif Learning tive Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada hasil pembelajaran siswa di siklus I, bahwa nilai rata-rata siswa 76.14 dengan ketuntasan klasikal sebesar 60 %. Pada siklus II meningkat nilai rata-rata  hasil belajar siswa menjadi  88.57 dengan ketuntasan klasikal 100%. Hal ini sudah melebihi dari Indikator yang telah di tetapkan Penulis, yaitu sebesar 70 %., maka dalam hal ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut,” Strategi pembelajaran Coveratif Learning tive Talking Stick dapat meningkatkan efektifitas guru dan murid”


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.