PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MEMPERBAIKI CARA SHOLAT PESERTA DIDIK KELAS II SDN KUDANGAN 1

Nor Sali

Abstract


Penelitian ini merupakan upaya memperbaiki cara sholat peserta didik kelas II SDN Kudangan 1 Kecamatan Delang Kabupaten Lamandau. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II SDN Kudangan 1 Kecamatan Delang Kabupaten Lamandau yang berjumlah 4 peserta didik.

Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan angket. Sementara instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dan lembar angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbaikan cara sholat peserta didik kelas II SDN Kudangan 1 Kecamatan Delang Kabupaten Lamandau.

Perbaikan didasarkan pada hasil penelitian siklus I, dimana ada beberapa peserta didik yang belum mempunyai minat untuk belajar dan memperhatikan pelajaran. Pada penelitian siklus II sudah mulai terlihat hampir seluruh siswa sudah memiliki minat belajar yang tinggi dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode drill, dimana pada saat pemutaran video pembelajaran siswa terlihat memperhatikan dan merasa senang dengan proses pembelajaran tersebut, dan siswa terlihat sangat berantusias untuk mengikuti pelajaran dan berani untuk bertanya.

Siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 50,00 kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 75,00. Jumlah siswa mampu mencapai KKM ≥ 70 pada siklus I ada 2 peserta didik, dan pada siklus II ada 3 peserta didik. Persentase ketuntasan pada siklus I sebesar 50,00% dan pada siklus ke II sebesar 75,00%. Selain itu minat belajar peserta didik dalam mengikuti pelajaran juga membaik. Hal ini ditandai dengan meningkatnya minat belajar siswa terhadap pelajaran PAI.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.