PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MEMPERBAIKI CARA SHOLAT PESERTA DIDIK KELAS II SDN KUDANGAN 1

Nor Sali

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah menerapkan metode drill untuk memperbaiki cara sholat peserta didik kelas II SDN Kudangan 1 Kecamatan Delang Kabupaten Lamandau Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Sasaran penelitian adalah peserta didik kelas II SDN Kudangan 1 Kecamatan Delang Kabupaten Lamandau dengan subjek sebanyak 4 peserta didik. Data yang diperoleh menggunakan observasi, dan angket. Sementara instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dan lembar angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbaikan dari Siklus I nilai rata-rata kelas (50%) kemudian pada siklus II meningkat menjadi (75%). Jumlah siswa mampu mencapai KKM ≥ 70 pada siklus I ada 2 peserta didik, dan pada siklus II ada 3 peserta didik. Persentase ketuntasan pada siklus I sebesar (50%) dan pada siklus ke II sebesar (75%). Simpulan dari penelitian ini adalah  metode drill dapat memperbaiki cara sholat dan minat belajar peserta didik dalam mengikuti pelajaran juga membaik. Hal ini ditandai dengan meningkatnya minat belajar siswa terhadap pelajaran Pendidikan Agama Islam.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.