PENERAPAN MODEL PROBLEM BASIC LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIA DI SMPN 2 BATULICIN

Nordalillah Nordalillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam meneladani ketaatan malaikat-malaikat Allah Swt dengan penerapan  model pembelajaran Problem Basic Learning pada kelas VIIA di SMP Negeri 2 Batulicin.

Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) dengan dua siklus. Metode pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Data  yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Problem Basic Learning pada  pembelajaran PAI mempermudah guru dalam mencapai tujuan belajar yang diinginkan dan mengoptimalkan / menuntaskan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari persentase ketuntasan belajar secara klasikal pada tahap pra siklus sebesar 24.2%, pada siklus I sebesar 51.5%, dan pada siklus II ketuntasan belajar peserta didik mencapai 100%. Nilai rata-rata hasil peserta didik juga mengalami peningkatan, yaitu pada tahap pra siklus sebesar 69, siklus I sebesar 78, dan pada siklus II naik menjadi 87. Hal ini berarti, target yang ditetapkan peneliti yaitu standar ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal mencapai 75%. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik juga mengalami peningkatan, ini dapat terlihat dari pra siklus, siklus I dan siklus II, secara berturut-turut sebesar: 45,00%, 70,00 % dan 80 %. Dengan begitu target yang ingin dicapai telah terpenuhi yaitu persentase aktivitas peserta didik sebesar 75%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.