PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI

Sam'ani Sam'ani

Abstract


Beberapa fakta pembelajaran yang dilakukan memperlihatkan kebanyakan anak kurang memahami materi yang diberikan guru. Hal ini diantaranya disebabkan penggunaan metode yang kurang tepat, sehingga peserta didik tidak terlibah secara aktif dalam pembelajaran dan pembelajaran menjadi monoton.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan metode pembelajaran role penerapan metode role playing pada siswa SMPN 2 Permata Intan, serta kelebihan dan kekurangan metode role playing.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 9 yang berjumlah 15 orang siswa dan objeknya adalah pembelajaran PAI. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskritif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PAI. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari rata-rata nilai pada siklus I dan siklus II. Pada akhir siklus pertama nilai rata-rata siswa menjadi 70,67 dengan ketuntasan belajarnya menjadi 66,20 % dan pada akhir siklus kedua nilai rata-rata siswa naik menjadi 80 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 80%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.