PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA SMP

Sam'ani Sam'ani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah penerapan metode pembelajaran role penerapan metode role playing pada    siswa SMPN 2 Permata Intan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian  ini adalah siswa kelas 9 yang berjumlah 15 orang siswa dan objeknya adalah pembelajaran PAI. Metode pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskritif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PAI. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari rata-rata nilai pada siklus I dan siklus II. Pada akhir siklus pertama nilai rata-rata siswa menjadi 70,67 dengan ketuntasan belajarnya menjadi 66,20 % dan pada akhir siklus kedua nilai rata-rata siswa naik menjadi 80 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 80%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.