MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI DEGAN DISCOVERY LEARNING TGP SMKN 1 SIMPANG EMPAT
Abstract
Pada Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Motipasi belajar siswa dengan mengunakan model pembelajaran discoveri learning, dalam penelitian mengankat permalahan yakni Bagaimanakah Peningkatan Motipasi belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran Discovery mata pelajaran PAI siswa Kelas X TGP. Metode penelian menggunakan Penelitian tindakan Kelas ( PTK ) dengan menggunakan dua siklus, kemudian untuk menentukan keriteria Motivasi belajar siswa tenik pengambialan data dengan angket, oservasi dan instrument penilaian kemudian di berikan skor masing masing aitem jawaban lima pilihan skor maksimal 5. Kemudian penentuan peningkatan motivasi belajar dengan dengan Kriteria perolehan nilai dengan skala 65-70 cukup, 75-80 baik dan 85-100 sangat baik.
Pada peneliti ini mencobah memecahkan masalan dengan metode pemecahan masalah yakni dengan analisis kualitatif kuantitatif dimana diperoleh hasil Hasil penelitian pada Siklus satu Di peroleh Nilai siswa rata-rata 68, 75 jadi 16 orang yang tuntas 8 0rang yang belum tuntas bila di presentasekan 66,7% tuntas dan yang tidak tuntas 33,3% dengan Metode Discovery Learning . Pada siklus kedua hasil ptk ini Nilai rata rata siswa 75, 20 Yang artinya ada peningkatan secara siknifikan dari siklus satu Jumlah siswa yang tuntas dengan model pembelajaran Discovery learnig 83.3 % . dan pada nilai skor motivasi belajar secara keseluruhan rata-rata memperoleh skor 61-80,99 masuk pada 70% Pada kriteria Motivasi tinggi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.