PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA MATERI JUJUR, AMANAH, DAN ISTIQAMAH

Yayat Yayat

Abstract


Hasil belajar pendidikan Islam dan karakter yang optimal akan menjadi modal utama dala    m kehidupan sehari-hari. Di sisi lain penyajian pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Karakter Budi dinilai cenderung indoktrinatif dan tidak signifikan sehingga pembelajarannya sangat rendah. Hal ini terlihat dari hasil nilai rata-rata kemampuan pengetahuan siswa pada materi jujur, amanah, istiqamah hanya 72,31, persentase ketuntasan 37,5%, dari hasil observasi persentase siswa yang terlibat aktif dalam pembelajaran. hanya 40,63%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada materi dengan menggunakan model Discovery Learning berbantuan multimedia. Dari dua siklus yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pengetahuan peserta didik menjadi 78,78 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 84,91 pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan peserta didik meningkat menjadi 68,75% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 87,5% pada siklus II. Persentase partisipasi aktif siswa juga meningkat menjadi 46,86% pada siklus I dan meningkat menjadi 84,38% pada siklus II.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.