MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR HORMAT PADA ORANG TUA DAN GURU MENGGUNAKAN DISCOVERY LEARNING SDN PAMARANGAN KIWA

Herliani Herliani

Abstract


          Kurangnya aktivitas belajar siswa ditunjukkan dari hasil belajar PAI tentang materi hormat kepada orang tua dan guru di kelas V, sehingga mengakibatkan nilai PAI berada dibawah standar ketuntasan.

         Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah di SDN  Pamarangan Kiwa dengan sampel seluruh siswa kelas V sebanyak 12 orang siswa yang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 8 orang perempuan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru (peneliti) melalui model discovery learning pada siklus I dengan skor hasil perolehan sebesar 51,47% (cukup baik) meningkat menjadi 73,52% (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas siswa dalam berkelompok pada siklus I dengan skor perolehan sebesar 66,67% (cukup aktif) meningkat pada siklus II sebesar 91.67% (aktif). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini diketahui dari tes akhir siklus yaitu pada siklus I pertemuan 2 nilai rata-rata sebesar 69,24 meningkat menjadi 91,67 pada siklus II pertemuan 2.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa discovery learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran PAI tentang hormat kepada orang tua dan guru kelas V di SDN Pamarangan Kiwa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.