MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR HORMAT PADA ORANG TUA DAN GURU MENGGUNAKAN DISCOVERY LEARNING SDN PAMARANGAN KIWA

Herliani Herliani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar hormat pada orang tua dan guru mengunakan discovery learning SDN Pamarangan Kiwa. Penelitian ini  menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus teridiri dari empat tahap yaitu : rancangan, kegiatan  dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Metode penelitian yang digunakan adalah discovery learning. Setting penelitian ini adalah di SDN Pamarangan Kiwa dengan sampel seluruh siswa kelas V sebanyak 12 orang siswa yang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 8 orang perempuan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru (peneliti) melalui model discovery learning aktivitas belajar siswa semakin meningkat. Aktivitas siswa dalam berkelompok pada siklus I dengan skor perolehan sebesar 66,67% (cukup aktif) meningkat pada siklus II sebesar 91.67% (aktif). Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa discovery learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran PAI tentang hormat kepada orang tua dan guru kelas V di SDN Pamarangan Kiwa.


Full Text:

PDF

References


Ardyansyah, A., & Fitriani, L. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Imla’. Al-Ta'rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 229-244. doi:https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.2257

http://sadiman2007.blogspot.com/2011/06/modelpembelajaran Discovery Learning.html, diakses tanggal 22 Pebruari 2017

Martinis Yamin. 2007. Guru Profesional. Jakarta : Rajawali Pers

Novita, K . 2015. Hubungan Antara Kebiasaan Belajar dan Hasil Belajar Kekuatan Konstruksi Bangunan Sederhana pada Siswa Kelas 2 Semester III SMK Negeri 4 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015.Semarang : Universitas Negeri Semarang ( tidak untuk diterbitkan ).

Sardiman. 2017. Model Pembelajaran Make A Match .(Online)

Winartaputra, Udin S. 2017. Teori belajar dan Pembelajaran Jakarta.: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.