PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V SDN TINGGIRAN II-2

Saidah Saidah

Abstract


Kondisi siswa kelas V SDN Tinggiran II-2 Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala mempunyai hambatan dalam pembelajaran memahami Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) tentang puasa. Hal ini ditandai dengan masih banyaknya siswa yang mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan adanya kondisi tersebut, pada kesempatan ini penulis bermaksud menerapkan pembelajaran Mind Mapping pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Tinggiran II-2 Kabupaten Barito Kuala sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar dilakukan dengan 2 siklus.

            Pembelajaran dengan model Mind Mapping pada materi tentang puasa di SDN Tinggiran II-2 Kabupaten Barito Kuala terlaksana dengan baik dan lancar. Terdapat perubahan positif pada sikap, semangat, keaktifan, kreatifitas, keberanian, dan pemahaman siswa. Jika pada pelaksanaan Siklus I nilai hasil catatan laporan kegiatan siswa saat pelaksanaan masih sebesar 63.00, maka pada pelaksanaan Siklus II sudah mengalami peningkatan menjadi 81.00.

            Hasil evaluasi pembelajaran siswa pada materi puasa, mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini terlihat pada rekapitulasi hasil tes dari Siklus I dan Siklus II. Jika pada Siklus I, rata-rata nilai formatif siswa masih sebesar 55.55, maka pada pelaksanaan Siklus II sudah mencapai 81.00. demikian dengan jumlah presentase ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan dari 33.33 pada Siklus I, menjadi 88.88 pada Siklus II.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.