MENINGKATKAN MOTIVASI HASIL BELAJAR PAI DENGAN METODE BLENDED LEARNING SMA NEGERI 1 SUNGAI LOBAN

Murakibuddin Murakibuddin

Abstract


Tujuan dari penelitian yaitu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) materi beriman kepada hari akhir dengan penerapan metode pembelajaran blended learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IIS-2 SMA Negeri  1 Sungai Loban di semester 1 tahun pelajaran 2021/2022, yang melibatkan 30 siswa.

Objek penelitian adalah motivasi dan hasil belajar PAI materi beriman kepada hari akhir dengan penerapan metode pembelajaran Blanded Learning  dimasa pandemi covid 19. Instrumen penelitian adalah tes tertulis. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparasi dengan presentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar PAI siswa dilihat dari skor rata-rata. Skor rata-rata peningkatan motivasi dan hasil belajar PAI materi beriman kepada hari akhir dimasa pandemi covid 19 melalui penerapan metode pembelajaran blanded learning ditujukkan pada nilai rata-rata keadaan awal hasil belajar pada pra siklus nilai rata-rata 59,17

Pada siklus I meningkat menjadi 69,33 dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 84,33. Dari segi kriteria ketuntasan Minimal (KKM) pada pra siklus siswa yang mencapai KKM sebesar 23,33%, pada siklus I meningkat menjadi 53,33% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,33% sedangkan persentase peningkatan motivasi belajar pada siklus I 53,75% meningkat pada siklus II menjadi 85,83%. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini yaitu adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas PAI materi beriman kepada hari akhir dengan penerapan metode pembelajaran blended learning  telah meningkat secara siknifikan, sehingga layak untuk diterapkan di SMA Negeri 1 Sungai Loban.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.