PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA SDN WONOREJO 2

Jauharul Farida

Abstract


Penelitian ini berangkat dari latar belakang kurang dibuatnya pembelajaran dengan metode yang menarik, menantang dan menyenangkan. Masih banyak guru menyampaikan materi Pendidikan Agama Islam (PAI) menggunakan metode ceramah, sehingga suasana pengajaran yang digunakan guru disekolah ini cenderung monoton dan membosankan, mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas II di SDN Wonorejo 2 Kecamatan Sematu Jaya Kabupaten Lamandau.

Berdasarkan uraian permasalahan diatas, melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai innovator pembelajaran, peningkatan kreatifitas mengajar guru mutlak perlu dikembangkan, sehingga tujuan penelitian ini dapat tercapai yaitu meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas II di SDN Wonorejo 2. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan dua siklus. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, studi dokumentasi, dan tes pada setiap siklus. Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran PAI khususnya materi tentang Kasih sayang kepada sesama, dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tiap siklus.

Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil tes yang dilakukan. Peningkatan kemampuan peserta didik di siklus I dari 33 % meningkat menjadi 88 % pada siklus II. Demikian pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di Kelas II di SDN Wonorejo 2 Kecamatan Sematu Jaya Kabupaten Lamandau.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.