PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA SDN WONOREJO 2

Jauharul Farida

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa Kelas II di SDN Wonorejo 2 Tahun Pelajaran 2021 / 2022 melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini didukung oleh data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan tes tertulis dalam siklus ke dua.  Dari siklus I 33 % meningkat menjadi 88 % nilai siswa yang tuntas

Penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning juga dapat meningkatkan indikator kemampuan belajar siswa kelas II SDN Wonorejo 2 Tahun 2021 / 2022. Minat belajar siswa menjadi disiplin, tekun dan menghargai pendapat temannya. Pada siklus I minat belajar siswa memperoleh skor akhir 59 %, artinya minat belajar siswa berada pada kriteria cukup. Pada siklus II skor akhir minat belajar siswa mencapai 89% sehingga berada pada kriteria baik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.