PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK SMP NEGERI 4 RANTAU BADAUH

Sumiati Sumiati

Abstract


Penggunaan model pembelajaran di dalam kelas sangat diperlukan, sehingga perlu pemilihan model pembelajaran yang tepat demi menunjang kegiatan pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat dapat berpengaruh terhadap minat peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran hingga terhadap hasil belajar yang dicapai peserta didik. Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat menjadi alternatif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran ini dapat membantu peserta didik berkonsentrasi dan fokus memperhatikan penjelasan dari guru, juga dapat menguji daya ingat peserta didik terhadap materi yang telah dijelaskan.

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini ialah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VIII dengan materi pembelajaran Q.S. Al-Furqan (25): 63; dan Q.S. Al-Isra’(17) : 27; dan Hadits tentang rendah hati, hemat dan hidup sederhana di SMP Negeri 4 Rantau badauh.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah 18 orang dengan rincian 7 orang peserta didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan.

Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 2 kali pertemuan setiap siklusnya. Terdapat 4 tahapan dalam setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar pada siklus I ialah 72,22% dan pada siklus II ialah 94,44%.

Demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII  di SMP Negeri 4 Rantau Badauh Tahun2021/2022.Model pembelajaran kooperatif tipe talking Stick dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam  kelas VIII di SMP Negeri 4 Rantau Badauh.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.