MENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAH AL – INSYIRAH DENGAN PEMBERIAN GRADED INSENTIVE REWARD

Abdul Rachman Gafur

Abstract


Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu Pendidikan antara lain yaitu :

  1. Penyempurnaan Kurikulum.
  2. Peningkatan Kualitas Guru.
  3. Perbaikan proses pembelajaran.
  4. Pengadaan sarana dan prasarana.

Seperti yang telah disebutkan bahwa tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama adalah upaya peserta didik memilki kemampuan untuk menghayati dan mengamalkan nilai – nilai Islami, maka tugas seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar yang utama yaitu adalah daapat memilih metode mengajar yang sesuai dengan tujuan, situasi dan kondisi yang ada guna meningkatkan pembelajaran dengan baik.

Faktor internal adalah faktor yang ada dalam diri peserta didik yang meliputi dua aspek, yaitu :

  1. Aspek Fisiologi ( yang bersifat jasmaniyah )
  2. Aspek Psikologis ( yang ersifat rohaniyah )

Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar peserta didik yaitu faktor ini yang terdiri dari faktor lingkungan sosial dan factor lingkungan non social. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri 4 Permata Intan Kecamatan Permata Intan Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah. Dengan subyek penelitian adalah kelas IX berjumlah 38 anak yang terdiri dari laki – laki 20 anak dan perempuan 18 anak. Kondisi kelas IX secara umum memiliki kemampuan akademis yang heterogn. Begitu juga dengan perbedaan latar belakang kehidupan keluarganya baik dari segi ekonomi, emosinal, maupun intelektual.

Pembelajaran Siklus I

Tahap Perencanaan, Tahap Pelaksanaan, Tahap Observasi. Pembelajaran Siklus 2

Tahap Perencanaan, Tahap Tindakan, Tahap Observasi, Tahap Refleksi. Siklus 1 yaitu pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran pemberian Graded Insentive Reward.

Siklus 2 yaitu pembelajaran yang menggunakan pembelajaran dengan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.