UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI IBADAH SALAT KEWAJIBAN KU KELAS III SDN 3 KERENG BANGKIRAI

Ruslaila Jamiah

Abstract


Proses pembelajaran dalam pendidikan membutuhkan beberapa komponen untuk menunjang terciptanya suatu keberhasilan. Ilmu pendidikan secara mikro memandang manusia dari segi upaya normative membantu pihak lain agar berkembang ke tingkat yang normative lebih baik. Untuk mempengaruhi peserta hasil belajar peserta didik  agar lebih baik, maka membutuhkan strategi khusus yang dilakukan oleh pendidik terhadap peserta didik dalam pencapaian pengaruh dan pemahaman agar dapat memberi pemahaman yang baik. Oleh karena itu penulis tertarik  untuk melakukan penelitian tindakan kelas  mengenai “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI IBADAH SALAT KEWAJIBAN KU KELAS III DI SDN 3 KERENG BANGKIRAI”. Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana cara guru membimbing siswa-siswi yang mengalami kesulitan pada mata pelajaran PAI, khususnya pada materi Ibadah salat kewajiban ku terhadap siswa kelas III SDN 3 Kereng Bangkirai. Dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar  siswa pada materi Ibadah Salat kewajiban ku terhadap siswa kelas III  SDN 3 Kereng Bangkirai

            Metode penelitian  yang digunakan dalam penelitian ini  adalah penelitian tindakan kelas atau classroom action research. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. dengan subjek peserta didik kelas III di SDN 3 Kereng Bengkirai.

            Hasil penelitian ini menunjukan guru membimbing siswa-siswi yang mengalami kesulitan pada mata pelajaran PAI, khususnya pada materi Ibadah salat kewajiban ku terhadap siswa kelas III SDN 3 Kereng Bangkirai mendapatkan hasil belajar baik dengan rata-rata nilai 80, 35.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.