PENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI AKHLAK TERPUJI

Hartati Hartati

Abstract


Proses pembelajaran di dalam kelas tidak terlepas dari banyaknya masalah yang muncul, salah satu masalah yang muncul adalah rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran pendidikan pendidikan Agama Islam materi akhlak terpuji, yang salah satunya dipengaruhi oleh faktor metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran mononton.

Penelitian ini membahas tentang bagaimana penerapan metode sosiodrama/bermain peran dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi akhlak terpuji. Sesuai denganĀ  permasalahan ini, maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi akhlak terpuji perilaku amanah dan istiqamah. Melalui metode sosiodrama/bermain peran ini dapat mendorong siswa untuk mengembangkan berbagai kemampuan yang dimilikinya secara optimal dalam memainkan peran.

Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisa data menggunakan analisa kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian melalui metode sosiodrama/bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I didapat presentase 45% siswa yang tuntas dengan KKM 70. Dan pada pelaksanaan siklus II dengan prosedur yang sama, ternyata hasil belajar siswa meningkat dengan presentase 75% siswa yang tuntas. Hal ini mengalami peningkatan sebesar 30%.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa melalui metode sosiodrama dapat meningkatkan hasil belajar materi akhlak terpuji perilaku amanah dan istiqamah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII A SMP Negeri 5 Mantangai Tahun Pelajaran 2021/2022.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.