PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI Q.S AL-KAFIRUN

Khatibah Khatibah

Abstract


Pembelajaran kooperatif tipe NHT merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik Number Head Together adalah suatu Model pembelajaran yang lebih mengedepankan kepada aktivitas peserta didik dalam mencari, mengolah, dan melaporkan informasi dari berbagai sumber yang akhirnya dipresentasikan. Pembelajaran kooperatif tipe NHT di SDN Muara Bakanon 2 digunakan pada penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang rata-rata kelas selalu dibawah 70 atau dibawah kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah.

Tujuan PTK ini untuk (1) meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas VI SDN Muara Bakanon 2 pada mata PelajaranPAI materi Q.S Al- Kafirun; (2) sebagai salah satu alternatif kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Permasalahan dalam PTK ini (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran PAI materi Q.S Al- Kafirun ? (2) Bagaimana pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran PAI materi Q.S Al- Kafirun?. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan angket sebagai subyek siswa kelas VI SDN Muara Bakanon 2.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan menerapkan Strategi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu pelajaran Q.S Al- Kafirun siklus I (61,59%), siklus II (87,5%).

(2)        Penerapan pembelajaran dengan Strategi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT mempunyai pengaruh positif dapat meningkatkan pemahaman peserta didik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.