PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI Q.S AL-KAFIRUN

Khatibah Khatibah

Abstract


Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini untuk (1) meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas VI SDN Muara Bakanon 2 pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Q.S Al- Kafirun; (2) sebagai salah satu alternatif kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Learning Tipe NHT (Number Head Together). Penelitian ini Menggunakan  penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus, setiap putaran terdiri dari 4 tahap yaitu : rancangan,kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan rivisi. sebagai subyek penelitian ini adalah peserta didik  kelas VI SDN Muara Bakanon 2 Tahun Pelajaran 2021-2022. Jumlah peserta didik sebanyak 22 orang Teknik pengumpulan data melalui observasi dan angket

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran dengan menerapkan Strategi melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (number Head Together  memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu pelajaran Q.S Al- Kafirun siklus I (61,59%), siklus II (87,5%). (2) Penerapan pembelajaran dengan Strategi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Number Head Together) mempunyai pengaruh positif dapat meningkatkan pemahaman peserta didik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.