PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Syamsiah Syamsiah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti (BP) di mana hasil belajar siswa kurang maksimal.  Penelitian ini  menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan di setiap siklusnya. Aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran menunjukkan peningkatan secara bertahap. Dilihat pada tingkat keaktifan siswa , pada siklus I, 18 siswa (72%) yang aktif dan meningkat menjadi 25 siswa ( 100 %) pada siklus II. Pengamatan tentang kegiatan belajar mengajar pada siklus I, 21 aspek (84 %) memperoleh kreteria baik, dan meningkat menjadi 24 aspek (96 %) pada siklus II.  Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan secara bertahap. Pada siklus I, 18 siswa (72%) yang tuntas dengan daya serap siswa mencapai 76,2 %. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 25 siswa (100%) yang mencapai ketuntasan dengan daya serap (83,8%).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.