PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MODEL “PROBLEM BASED LEARNING” DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PESERTA DIDIK MATERI Q.S. AL KAFIRUN DI SDN-4 JINGAH

Al Haitami Al Haitami

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik dalam materi menulis Q.S Al kafirun. Hal ini disebabkan salah satunya guru kurang tepat dalam memilih model pembelajaran yang digunakan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis Q.S. Al kafirun menggunakan model “Problem Based Learning”. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, di mana setiap siklus diawali dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan re-fleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VI SDN 4 Jingah semester ganjil dengan jumlah peserta didik 8 orang.

Data dalam penelitian ini akan berupa penilaian proses yang diperoleh dari peserta didik dalam be-raktivitas dan penilaian pada akhir siklus. Kemudian, data akan dianalisis untuk memperoleh gambaran tentang berhasil tidaknya pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil penelitian akan menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan peserta didik dalam menulis Q.S. Al kafirun setelah belajar menggunakan Model Pembelajaran” Problem Based Learningpada siklus kedua. Indikasi peningkatan prestasi di-dasarkan pada perolehan nilai pada siklus pertama dan siklus kedua.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.